RPP DRAMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                : SMA/MA
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Aspek Pembelajaran             : Menulis
Kelas/Semester                      : XI/2
Alokasi Waktu                        : 4

I.                   Standar Kompetensi : Menulis
16. Menulis naskah drama
II.                Kompetensi Dasar :
16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
III.             Indikator :
Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
1.      Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
2.      Menghidupkan konflik
3.      Memunculkan penampilan (performance)
IV.             Tujuan Pembelajaran :
Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
1.    Siswa mampu mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
2.    Siswa mampu menghidupkan konflik
3.    Siswa mampu memunculkan penampilan (performance)
V.                Karakter yang diharapkan :
Religius, Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, Gemar Membaca
VI.             Materi Pembelajaran :
Terlampir
VII.          Metode dan Model Pembelajaran :
1.      Metode :  Ceramah dan Diskusi
2.      Model : Kooperatif
VIII.       Alat/Bahan/Media dan Sumber Pembelajaran :
1.      Alat                 : Leptop dan Proyektor
2.      Media             : Buku Drama
3.      Sumber           :
Diunduh pada 14 April 2019, pukul 19:20 WIB
IX.             Langkah-langkah Pembelajaran :
1.      Kegiatan Awal
a.       Mengucapkan salam
b.      Mengkondisikan siswa
c.       Berdoa
d.      Mengabsensi kehadiran siswa
e.       Melakukan appersepsi (menanyakan ulang materi yang
dipelari pada pertemuan sebelumnya)
f.       Menginformasikan atau memberitahukan materi yang akan dipelajari
2.      Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.      Guru meminta siswa untuk memilih drama yang akan ditulis
3.      Guru memberikan tugas dengan kelompok agar mendiskusikan unsur unsur drama tersebut
4.      Guru meminta setiap kelompok untuk menukar pekerjaannya kekelompok lain

b.      Elaborasi
1.      Guru menyuruh setiap kelompok untuk mengkoreksi hasil diskusinya
2.      Guru meminta memperbaiki unsur drama yang telah dibuatnya oleh kelompok tersebut
c.       Konfirmasi
1.      Guru menyuruh setiap kelompok untuk mengumpulkan hasil diskusinya
2.      Guru menentukan hasil kelompok mana yang terbaik
3.      Kegiatan Akhir
a.    Menyimpulkan materi yang telah disampaikan
b.    Memberikan tes
c.    Memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya
d.    Penutup
X.                Penilaian
1.      Jenis Tes
Jenis Tagihan
a.       Tugas Kelompok
b.      Tugas Individu
2.      Bentuk Tes
Bentuk Instrumen
a.       Uraian Bebas



3.      Penilaian Karakter
No
Perilaku/Sikap
Muncul/dilakukan
Ya
Tidak
1.
Religius 20%

2.
Jujur 20%

3.
Displin 20%

4.
Tanggung jawab 20%

5.
Gemar Membaca 20%

Jumlah
100%

4.      Format Penilaian
No
Nama Siswa
Siswa mampu mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
Siswa mampu menghidupkan konflik

Siswa mampu memunculkan penampilan (performance)
Ketepatan 25%
Pemahaman 25%
Keterampilan 25%
Percaya Diri 25%









5.      Soal
1.      Apa yang dimaksud drama ?
2.      Sebutkan struktur teks drama !
3.      Sebutkan struktur drama
6.      Kunci Jawaban
1.      Teks yang dipentaskan dalam suatu panggung melalui suatu gerak
2.      Struktur Teks Drama (Prolog, Dialog, Epilog)
3.      Unsur-unsur Drama (Alur, Amanat, Tokoh, Tema, Latar)
7.      Bobot Penilaian
a.       Kriteria 1 Bobot 2
b.      Kriteria 2 Bobot 2
c.       Kriteria 3 Bobot 2
d.      Kriteria 4 Bobot 2
e.       Kriteria 5 Bobot 2
        10




Jakarta,  April 2019
Mengetahui                                                   
Dosen Pembimbing                                                     Guru Kelas


Dr. NINI IBRAHIM, M.Pd                                     VILDA PUSPITA LOKA
NIDN 054378643578                                                 NIM 1701045142



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Identitas Sekolah                   : SMA
Tema/Sub Tema                    : Drama
Aspek Pembelajaran             : Membaca
Kelas/Semester                      : XI/2
Alokasi Waktu                       : 8 JP (4 x 45 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
3.19        Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.19.1    Menganalisis isi drama yang dibaca atau ditonton
3.19.2    Menganalisis kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
D.    Tujuan Pembelajaran
3.19.1    Siswa mampu menganalisis isi drama yang dibaca atau ditonton
3.19.2    Siswa mampu menganalisis kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
E.     Karakter yang diharapkan
Religius, Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, Gemar Membaca
F.     Materi Pembelajaran
Drama
1.      Isi dan Kebahasaan Drama
2.      Persiapan Pementasan Drama
3.      Pementasan Drama
G.    Pendekatan, Model dan Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan                       : Pragmatik
2.      Metode                              : Ceramah dan Diskusi
3.      Model                                : Koperatif, Kontekstual, Learning
4.      Strategi Pembelajaran       : Inquiri, Kooperatif
H.    Alat/Buku, Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat/Buku                         : Leptop dan Proyektor
2.      Media                                : Buku Guru Mata, Buku Siswa, KBBI,
   Pengalaman.
Diunduh pada 14 April 2019, pukul 19:20 WIB
I.       Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Siswa merespon atau menjawab salam
b.      Siswa dan guru membaca tadarus atau Al quran bersama-sama
c.       Mengabsensi
d.      Siswa menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan disampaikan
e.       Siswa menerima informasi materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan serta teknik penilaiannya.
2.      Kegiatan Inti
a.       Mengamati
1.    Membaca contoh teks drama mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur teks drama
2.    Mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks dan kebahasaan drama yang dibaca.
3.    Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks dan kebahasaan drama.
b.      Mengeksplorasi
1.    Menemukan struktur isi teks dan kebahasaan
2.    Mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan kebahasaan teks drama
3.    Mendiskusikan isi, unsur intrinsik dalam teks drama
c.       Mengasosiasi
1.    Mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa teks drama
2.    Mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa teks drama
3.    Menyimpulkan isi, unsur instrinsik, unsur ekstrinsik teks drama dalam diskusi kelas dengan saling menghargai
d.      Mengkomunikasikan
1.    Menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks drama
2.    Saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok
3.    Mempersentasikan isi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, teks drama
4.    Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
3. Kegiatan Akhir
a.       Guru menarik kesimpulan  materi dari siswa.
b.      Guru memberi tes lisan tanya jawab
c.       Guru menyampaikan sekilas materi yang akan disampaikan yang akan datang.
d.      Guru menutup pembelajaran dengan doa dan mengucap salam.
J.      Penilaian
1.      Jenis Tes
Jenis Tagihan
a.       Praktik
2.      Bentuk Tes
Bentuk Instrumen
b.      Performansi
c.       Format Pengamatan
3.      Penilaian Karakter
No
Perilaku/Sikap
Muncul/dilakukan
Ya
Tidak
1.
Religius 20%

2.
Jujur 20%

3.
Displin 20%

4.
Tanggung jawab 20%

5.
Gemar Membaca 20%

Jumlah
100%

4.      Format Penilaian
No
Nama Siswa
Siswa mampu menganalisis isi drama yang dibaca atau ditonton

Siswa mampu menganalisis kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton



Ketepatan 25%
Pemahaman 25%
Keterampilan 25%
Pemahaman 25%







5.      Soal
1.      Apa yang dimaksud pementasan drama ?
2.      Apa unsur utama dalam naskah drama ?
3.      Sebutkan ragam-ragam penonton !

6.      Kunci Jawaban
1.      Pementasan drama merupakan kesenian yang sangat kompleks
2.      Naskah drama itu mengutamakan ucapan-ucapan atau pembicaran para tokoh.
3.      Tiga ragam penonton, yaitu penonton peminat, penonton iseng, dan penonton penasaran.

7.      Bobot Penilaian
a.       Kriteria 1 Bobot 25%
b.      Kriteria 2 Bobot 25%
c.       Kriteria 3 Bobot 25%
d.      Kriteria 4 Bobot 25%
   100%


Jakarta,  April 2019
Mengetahui                                                   
Dosen Pembimbing                                                     Guru Kelas


Dr. NINI IBRAHIM, M.Pd                                     VILDA PUSPITA LOKA
NIDN 054378643578                                                 NIM 1701045142

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA BANTARA SMAN 1 CIWARU TAHUN 2014-2015

BANTARA  SMAN 1 CIWARU TAHUN 2014-2015 Azmi Zukhruf . F Agung Saepudin Deden Darmawan Ika Irawan ...