RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Aspek
Pembelajaran : Menulis
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi
Waktu : 4
I.
Standar Kompetensi : Menulis
16. Menulis naskah drama
II.
Kompetensi Dasar :
16.1 Mendeskripsikan perilaku
manusia melalui dialog naskah drama
III.
Indikator :
Menulis teks drama dengan
menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
1.
Mendeskripsikan
perilaku manusia melalui dialog
2.
Menghidupkan
konflik
3.
Memunculkan
penampilan (performance)
IV.
Tujuan Pembelajaran :
Menulis teks drama dengan
menggunakan bahasa yang sesuai untuk:
1.
Siswa mampu mendeskripsikan
perilaku manusia melalui dialog
2.
Siswa mampu menghidupkan
konflik
3.
Siswa mampu memunculkan
penampilan (performance)
V.
Karakter yang diharapkan :
Religius, Jujur, Disiplin,
Tanggung Jawab, Gemar Membaca
VI.
Materi Pembelajaran :
Terlampir
VII.
Metode dan Model Pembelajaran :
1.
Metode : Ceramah
dan Diskusi
2.
Model : Kooperatif
VIII. Alat/Bahan/Media
dan Sumber Pembelajaran :
1.
Alat :
Leptop dan Proyektor
2.
Media : Buku Drama
3.
Sumber :
Diunduh pada 14 April 2019, pukul
19:20 WIB
IX.
Langkah-langkah Pembelajaran :
1.
Kegiatan Awal
a.
Mengucapkan
salam
b.
Mengkondisikan
siswa
c.
Berdoa
d.
Mengabsensi
kehadiran siswa
e.
Melakukan
appersepsi (menanyakan ulang materi yang
dipelari pada pertemuan sebelumnya)
f.
Menginformasikan
atau memberitahukan materi yang akan dipelajari
2.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1.
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok
2.
Guru meminta
siswa untuk memilih drama yang akan ditulis
3.
Guru memberikan
tugas dengan kelompok agar mendiskusikan unsur unsur drama tersebut
4.
Guru meminta
setiap kelompok untuk menukar pekerjaannya kekelompok lain
b. Elaborasi
1.
Guru menyuruh
setiap kelompok untuk mengkoreksi hasil diskusinya
2.
Guru meminta
memperbaiki unsur drama yang telah dibuatnya oleh kelompok tersebut
c. Konfirmasi
1.
Guru menyuruh
setiap kelompok untuk mengumpulkan hasil diskusinya
2.
Guru menentukan
hasil kelompok mana yang terbaik
3.
Kegiatan Akhir
a. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan
b. Memberikan tes
c. Memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya
d. Penutup
X.
Penilaian
1.
Jenis Tes
Jenis Tagihan
a.
Tugas Kelompok
b.
Tugas Individu
2.
Bentuk Tes
Bentuk Instrumen
a.
Uraian Bebas
3.
Penilaian Karakter
No
|
Perilaku/Sikap
|
Muncul/dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Religius 20%
|
√
|
|
2.
|
Jujur 20%
|
√
|
|
3.
|
Displin 20%
|
√
|
|
4.
|
Tanggung jawab
20%
|
√
|
|
5.
|
Gemar Membaca
20%
|
√
|
|
Jumlah
|
100%
|
4.
Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Siswa mampu
mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog
|
Siswa mampu
menghidupkan konflik
|
Siswa mampu
memunculkan penampilan (performance)
|
||
Ketepatan 25%
|
Pemahaman 25%
|
Keterampilan 25%
|
Percaya Diri 25%
|
|||
|
|
|
|
|
|
5.
Soal
1.
Apa yang dimaksud
drama ?
2.
Sebutkan struktur
teks drama !
3.
Sebutkan struktur
drama
6.
Kunci Jawaban
1.
Teks yang
dipentaskan dalam suatu panggung melalui suatu gerak
2.
Struktur Teks Drama
(Prolog, Dialog, Epilog)
3.
Unsur-unsur Drama
(Alur, Amanat, Tokoh, Tema, Latar)
7.
Bobot Penilaian
a.
Kriteria 1 Bobot 2
b.
Kriteria 2 Bobot 2
c.
Kriteria 3 Bobot 2
d.
Kriteria 4 Bobot 2
e.
Kriteria 5 Bobot 2
10
Jakarta, April 2019
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Kelas
Dr. NINI IBRAHIM, M.Pd VILDA PUSPITA LOKA
NIDN 054378643578 NIM
1701045142
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Identitas
Sekolah : SMA
Tema/Sub Tema : Drama
Aspek
Pembelajaran : Membaca
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi
Waktu : 8 JP (4 x 45 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
3.19
Menganalisis isi
dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.19.1
Menganalisis isi
drama yang dibaca atau ditonton
3.19.2
Menganalisis
kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
D.
Tujuan Pembelajaran
3.19.1
Siswa mampu
menganalisis isi drama yang dibaca atau ditonton
3.19.2
Siswa mampu
menganalisis kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
E.
Karakter yang diharapkan
Religius, Jujur, Disiplin, Tanggung Jawab, Gemar Membaca
F.
Materi Pembelajaran
Drama
1.
Isi dan Kebahasaan
Drama
2.
Persiapan
Pementasan Drama
3.
Pementasan Drama
G.
Pendekatan, Model dan Strategi Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pragmatik
2.
Metode : Ceramah dan
Diskusi
3.
Model : Koperatif,
Kontekstual, Learning
4.
Strategi Pembelajaran : Inquiri, Kooperatif
H.
Alat/Buku, Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat/Buku : Leptop dan Proyektor
2.
Media : Buku Guru
Mata, Buku Siswa, KBBI,
Pengalaman.
3.
Sumber Pembelajaran : http://srimulianisafitri11ips4.blogspot.com/2015/12/materi-pementasan-drama.html
Diunduh pada 14 April 2019,
pukul 19:20 WIB
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Siswa
merespon atau menjawab salam
b.
Siswa
dan guru membaca tadarus atau Al quran bersama-sama
c.
Mengabsensi
d.
Siswa
menerima informasi keterkaitan antara pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan disampaikan
e.
Siswa
menerima informasi materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan serta teknik penilaiannya.
2.
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1. Membaca contoh
teks drama mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur teks drama
2. Mempertanyakan uraian
yang berkaitan dengan struktur isi teks dan
kebahasaan
drama yang dibaca.
3. Membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks dan kebahasaan drama.
b.
Mengeksplorasi
1.
Menemukan
struktur isi teks dan kebahasaan
2.
Mendiskusikan
hasil temuan terkait dengan struktur isi dan kebahasaan teks drama
3.
Mendiskusikan
isi, unsur intrinsik dalam teks drama
c.
Mengasosiasi
1.
Mencari
hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa teks drama
2.
Mendiskusikan
hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa teks drama
3.
Menyimpulkan
isi, unsur instrinsik, unsur ekstrinsik teks drama dalam diskusi kelas dengan
saling menghargai
d.
Mengkomunikasikan
1.
Menjelaskan
struktur isi dan ciri bahasa teks drama
2.
Saling
menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok
3.
Mempersentasikan
isi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, teks drama
4.
Menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
3. Kegiatan
Akhir
a.
Guru
menarik kesimpulan materi dari siswa.
b.
Guru
memberi tes lisan tanya jawab
c.
Guru
menyampaikan sekilas materi yang akan disampaikan yang akan datang.
d.
Guru
menutup pembelajaran dengan doa dan mengucap salam.
J.
Penilaian
1.
Jenis Tes
Jenis Tagihan
a.
Praktik
2.
Bentuk Tes
Bentuk Instrumen
b.
Performansi
c.
Format Pengamatan
3.
Penilaian Karakter
No
|
Perilaku/Sikap
|
Muncul/dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Religius 20%
|
√
|
|
2.
|
Jujur 20%
|
√
|
|
3.
|
Displin 20%
|
√
|
|
4.
|
Tanggung jawab
20%
|
√
|
|
5.
|
Gemar Membaca
20%
|
√
|
|
Jumlah
|
100%
|
4.
Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Siswa mampu
menganalisis isi drama yang dibaca atau ditonton
|
Siswa mampu
menganalisis kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
||
|
|
Ketepatan 25%
|
Pemahaman 25%
|
Keterampilan 25%
|
Pemahaman 25%
|
|
|
|
|
|
|
5.
Soal
1.
Apa yang dimaksud
pementasan drama ?
2.
Apa unsur utama
dalam naskah drama ?
3.
Sebutkan
ragam-ragam penonton !
6.
Kunci Jawaban
1.
Pementasan drama
merupakan kesenian yang sangat kompleks
2.
Naskah drama itu mengutamakan ucapan-ucapan atau pembicaran para
tokoh.
3.
Tiga ragam penonton, yaitu penonton peminat, penonton iseng, dan
penonton penasaran.
7.
Bobot Penilaian
a.
Kriteria 1 Bobot
25%
b.
Kriteria 2 Bobot
25%
c.
Kriteria 3 Bobot
25%
d.
Kriteria 4 Bobot
25%
100%
Jakarta, April 2019
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Guru
Kelas
Dr. NINI IBRAHIM, M.Pd VILDA PUSPITA LOKA
NIDN
054378643578 NIM
1701045142
Tidak ada komentar:
Posting Komentar